GTA V
GTA V | |
---|---|
![]() | |
Pengembang | Rockstar Utara [a] |
Penerbit | Rockstar Games |
Produser |
|
Perancang (s) |
|
Programmer | Adam Fowler |
Artis | Aaron Garbut |
Penulis (s) |
|
Komposer |
|
Seri | Grand Theft Auto |
Mesin | KEMARAHAN |
Platform | |
Melepaskan | PlayStation 3 , Xbox 360
|
Genre (s) | Aksi petualangan |
Mode (s) | Single-player , multiplayer |
Andreas, berdasarkan California Selatan , cerita pemain tunggal mengikuti tiga penjahat dan usaha mereka untuk melakukan pencurian sementara mendapat tekanan dari sebuah badan pemerintah. Desain dunia terbuka memungkinkan pemain bebas berkeliaran di pedesaan terbuka San Andreas dan kota fiksi Los Santos, berdasarkan Los Angeles .
Permainan dimainkan dari perspektif orang ketiga atau orang pertama dan dunianya dinavigasi dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Pemain mengendalikan tiga protagonis utama di seluruh pemain tunggal dan beralih di antara keduanya baik selama maupun di luar misi. Ceritanya berpusat pada urutan heist, dan banyak misi melibatkan shooting dan driving gameplay. Sistem "ingin" mengatur agresi respon penegakan hukum terhadap pemain yang melakukan kejahatan. Grand Theft Auto Online , mode multiplayer online game , memungkinkan hingga 30 pemain terlibat dalam berbagai mode permainan kooperatif dan kompetitif.
Pengembangan Grand Theft Auto V dimulai segera setelah rilis Grand Theft Auto IV dan dibagikan di antara banyak studio Rockstar di seluruh dunia. Tim pengembang mendapat pengaruh dari banyak proyek mereka sebelumnya seperti Red Dead Redemption dan Max Payne 3 , dan merancang permainan di sekitar tiga protagonis utama untuk berinovasi pada struktur inti para pendahulunya. Sebagian besar pekerjaan pembangunan merupakan ciptaan dunia terbuka, dan beberapa anggota tim melakukan penelitian lapangan di sekitar California untuk menangkap rekaman untuk tim desain. Soundtrack permainan ini memiliki skor asli yang disusun oleh tim produser yang berkolaborasi selama beberapa tahun.
Secara luas dipasarkan dan diantisipasi secara luas, game tersebut memecahkan rekor penjualan industri dan menjadi produk hiburan dengan penjualan tercepat dalam sejarah, menghasilkan US $ 800 juta pada hari pertama dan US $ 1 miliar dalam tiga hari pertama. Ini mendapat pujian kritis yang meluas, dengan pujian yang ditujukan pada berbagai desain protagonis, dunia terbuka, presentasi dan gameplay. Namun, hal itu menimbulkan kontroversi terkait penggambaran wanita dan misinya yang menampilkan penyiksaan saat interogasi sandera. Dianggap sebagai salah satu game konsol generasi ke tujuh yang paling signifikan dan game terbaik yang pernah dibuat , ia memenangkan penghargaan akhir tahun termasuk penghargaan Game of the Year dari beberapa publikasi game . Permainan ini merupakan salah satu permainan video terlaris sepanjang masa , telah mengirimkan lebih dari 90 juta kopi di seluruh dunia pada tahun 2018.
Isi
Gameplay
Grand Theft Auto V adalah permainan aksi-petualangan [2] yang dimainkan baik dari sudut pandang orang pertama [3] [b] atau orang ketiga . [4] Pemain menyelesaikan misi-skenario linier dengan menetapkan tujuan-untuk maju melalui cerita. [5] Di luar misi, pemain dapat dengan bebas berkeliaran di dunia terbuka . Terdiri dari wilayah pedesaan terbuka San Andreas dan kota fiksi Los Santos, dunia jauh lebih luas daripada entri sebelumnya dalam seri ini. [6] [c] Ini mungkin sepenuhnya dieksplorasi setelah awal permainan tanpa pembatasan, walaupun kemajuan cerita membuka lebih banyak konten permainan. [8]
Pemain dapat berlindung di belakang benda selama baku tembak agar tidak terkena kerusakan dari musuh.
Mode single player memungkinkan pemain mengendalikan tiga karakter: Michael De Santa , Trevor Philips dan Franklin Clinton- kriminal yang ceritanya saling berhubungan saat mereka menyelesaikan misi. Beberapa misi dilengkapi hanya dengan satu karakter dan yang lainnya memiliki dua atau tiga. [18] Di luar misi, pemain dapat beralih antar karakter sesuka hati dengan menggunakan kompas terarah pada HUD. Permainan dapat mengubah karakter secara otomatis selama misi menyelesaikan tujuan tertentu. Avatar kompas karakter akan berkedip merah jika dia dalam bahaya dan membutuhkan pertolongan, dan berkedip putih jika memiliki keunggulan strategis. [19] Meskipun pemain menyelesaikan misi sebagai salah satu dari tiga protagonis, misi penyembuh yang lebih sulit memerlukan bantuan dari kaki tangan terkontrol AI dengan keahlian unik seperti hacking komputer dan mengemudi. Jika seorang kaki tangan selamat dari pencurian yang sukses, mereka mengambil potongan dari hadiah uang tunai [20] dan mungkin tersedia untuk misi selanjutnya dengan perbaikan keterampilan unik mereka. [21] Ada banyak pilihan untuk menyelesaikan heists; Dalam misi penahanan , pemain dapat dengan diam-diam menundukkan warga sipil dengan agen yang tidak mampu atau secara mencolok menyerbu tempat tersebut dengan membawa senjata. [22]
Setiap karakter memiliki seperangkat delapan keterampilan yang mewakili kemampuan mereka di area tertentu seperti pengambilan gambar dan mengemudi. Meskipun keterampilan meningkat melalui permainan, setiap karakter memiliki keterampilan dengan keahlian secara default (yaitu keterampilan terbang Trevor). [23] Keterampilan "spesial" kedelapan menentukan keefektifan dalam melakukan kemampuan yang unik untuk masing-masing karakter. Michael memasuki masa peluru dalam pertempuran, Franklin memperlambat waktu saat mengemudi, dan Trevor menangani dua kali lebih banyak kerusakan pada musuh saat mengambil setengah dalam pertempuran. [24] Satu meter pada HUM setiap karakter habis saat kemampuan sedang digunakan dan diperbarui saat pemain melakukan tindakan terampil (misalnya, melayang di kendaraan seperti Franklin atau melakukan headshots seperti Michael). [25]
Sementara bebas menjelajahi dunia permainan, pemain dapat terlibat dalam kegiatan spesifik konteks seperti menyelam di bawah air atau melompat BASE melalui parasut. Setiap karakter memiliki smartphone untuk menghubungi teman, memulai aktivitas dan mengakses internet dalam game. [26] Internet memungkinkan pemain melakukan perdagangan saham melalui pasar saham . [27] Pemain dapat membeli properti seperti garasi dan bisnis, meningkatkan senjata dan kendaraan di arsenal masing-masing, dan menyesuaikan penampilan mereka dengan membeli pakaian, potongan rambut dan tato. [28]
Merencanakan
Michael Townley, Trevor Philips, dan Brad Snider ikut serta dalam perampokan yang gagal di Ludendorff, Yankton Utara. Sembilan tahun kemudian, Michael tinggal di bawah perlindungan saksi bersama keluarganya di Los Santos, di bawah alias Michael De Santa. Di seberang kota, gangbanger Franklin Clinton bekerja untuk seorang salesman mobil Armenia yang korup dan bertemu dengan Michael saat mencoba menipu mobilnya dari anak laki-laki; Keduanya kemudian menjadi teman. Ketika Michael menemukan istrinya Amanda tidur dengan pelatih tenisnya, dia dan Franklin mengejar pelatih tersebut ke sebuah rumah besar, yang Michael hancurkan dengan marah. Pemiliknya ternyata adalah pacar Martin Madrazo, seorang tuan obat Meksiko yang menuntut kompensasi untuk menghindari kekerasan lebih lanjut. Michael kembali ke kehidupan kriminal untuk mendapatkan uangnya, meminta Franklin sebagai kaki tangan. Dengan bantuan teman lama Michael, Lester, seorang hacker lumpuh, mereka melakukan toko perhiasan untuk membayar hutangnya. Trevor, yang sekarang tinggal di sebuah taman trailer di pinggiran Los Santos dan percaya bahwa Michael terbunuh dalam perampokan mereka yang gagal, mendengar tentang pencurian tersebut dan menyadari bahwa itu adalah hasil karya Michael; Trevor mengejutkan Michael dan bersatu kembali dengannya setelah melacak rumahnya.Kehidupan pribadi para protagonis mulai lepas kendali. Perilaku Michael yang semakin tidak menentu mendorong keluarganya untuk meninggalkannya, dan ketika dia menjadi produser film di studio film Richards Majestic, dia berkonflik dengan Devin Weston, seorang kapitalis ventura milyuner dan perampok korporat yang bersumpah atas usahanya untuk menutup Di studio digagalkan oleh Michael dan pengacaranya meninggal karena kecelakaan. Franklin menyelamatkan temannya Lamar Davis dari gangster dan mantan teman Harold "Stretch" Joseph, yang berulang kali mencoba membunuh Lamar untuk membuktikan dirinya kepada saudara barunya. Upaya Trevor yang ceroboh untuk mengkonsolidasikan penguasaannya atas berbagai pasar gelap di Blaine County melihat dia melakukan perang melawan klub motor The Lost outlaw, beberapa gerombolan jalanan Amerika Latin, pedagang meteran saingan, bangsawan, perusahaan keamanan swasta Merryweather, dan gembong Triad Wei Cheng.
Agen Biro Investigasi Federal (FIB) Dave Norton dan Steve Haines menghubungi Michael dan menuntut agar dia melakukan serangkaian operasi untuk merongrong sebuah agen saingan, International Affairs Agency (IAA). [i] Di bawah arahan Steve dan dengan bantuan Lester, mereka menyerang sebuah konvoi lapis baja yang membawa dana yang ditujukan untuk IAA dan mencuri senjata kimia eksperimental dari laboratorium yang dikontrol IAA. Saat Steve mendapat sorotan yang semakin ketat, dia memaksa Michael dan Franklin untuk menghapus semua bukti yang digunakan untuk melawannya dari server FIB. Michael mengambil kesempatan untuk menghapus data tentang aktivitasnya sendiri, menghancurkan pengaruh Steve terhadapnya. Michael, Trevor, Franklin, dan Lester mulai merencanakan prestasi paling berani yang mereka lakukan: merampok cadangan emas batangan milik Union Depository.
Michael berdamai dengan keluarganya. Namun, Trevor menemukan bahwa Brad tidak dipenjara karena percaya, tapi terbunuh saat pencurian dan dimakamkan di kuburan yang ditandai untuk Michael. Perasaan pengkhianatan Trevor menyebabkan gesekan di dalam kelompok dan mengancam untuk melemahkan rencana Penyimpanan Kusta mereka. Ketika Michael dan Dave dikhianati oleh Steve dan terjebak dalam perselisihan Meksiko antara FIB, IAA, dan Merryweather, Trevor, merasa bahwa dialah satu-satunya yang memiliki hak untuk membunuh Michael, datang untuk membantu mereka. Meski tidak memaafkan Michael, Trevor setuju untuk melakukan pencurian Union Depository dan berpisah dengannya.
Pencurian ini berhasil diselesaikan, namun Franklin kemudian didekati secara terpisah oleh Steve dan Dave, yang berpendapat bahwa Trevor adalah sebuah pertanggungjawaban, dan Devin, yang menginginkan pembalasan atas pengkhianatan Michael. Franklin memiliki tiga pilihan: membunuh Trevor, membunuh Michael, atau berusaha menyelamatkan keduanya dalam misi bunuh diri . Sebaiknya Franklin memilih membunuh Michael atau Trevor, dia berhenti berhubungan dengan orang yang selamat dan kembali ke kehidupan lamanya. [30] [31] Jika tidak, trio menahan serangan dari FIB dan Merryweather sebelum melanjutkan untuk membunuh Steve, Stretch, Wei, dan Devin. Michael dan Trevor mendamaikan, dan ketiganya berhenti bekerja bersama tapi tetap berteman. [32]
Pengembangan
Rockstar Utara mulai mengembangkan Grand Theft Auto V pada tahun 2009, menyusul peluncuran Grand Theft Auto IV . [33] Pengembangan dilakukan oleh tim yang terdiri lebih dari 1.000 orang, termasuk tim inti Rockstar North dan staf dari studio induk perusahaan Rockstar Games di seluruh dunia. [34] Rockstar Advanced Game Engine yang dimiliki (RAGE) milik direbut untuk permainan untuk meningkatkan kemampuan rendering jarak unduhnya. [35] Perangkat lunak Euphoria dan Bullet menangani animasi tambahan dan tugas rendering. [36] Setelah terbiasa dengan perangkat keras PlayStation 3 dan Xbox 360 dari waktu ke waktu, Rockstar menemukan bahwa mereka mampu mendorong kemampuan grafis konsol lebih jauh daripada game sebelumnya. [37] Perkiraan analis menempatkan pengembangan gabungan dan anggaran pemasaran game di lebih dari GB £ 170 juta ( US $ 265 juta ), yang akan menjadikannya game termahal yang pernah dibuat saat itu. [38] [j]Dunia terbuka dimodelkan di Southern California dan Los Angeles , [40] dan desain dan permainannya membuat sebagian besar permainan awal permainan. [41] Anggota utama tim produksi game dunia melakukan penelitian lapangan di seluruh wilayah dan mendokumentasikan penelitian mereka dengan rekaman foto dan video. [37] Proyeksi Google Maps di Los Angeles digunakan oleh tim untuk membantu merancang jaringan jalan Los Santos. [42] [43] Untuk mencerminkan dan mereproduksi penyebaran demografis Los Angeles, para pengembang mempelajari data sensus dan menonton dokumenter tentang kota. [35] Tim mempertimbangkan untuk menciptakan dunia yang terbuka secara teknis menuntut aspek produksi game. [33]
Tujuan perancangan mendasar sejak awal adalah berinovasi pada struktur inti seri dengan memberi kontrol kepada pemain tiga protagonis utama, bukan satu. [41] Gagasan itu pertama kali diangkat saat Grand Theft Auto: pengembangan San Andreas , namun pembatasan perangkat keras yang merajalela membuatnya tidak layak. [44] Setelah mengembangkan dua paket ekspansi episodik Grand Theft Auto IV yang menampilkan protagonis baru di tahun 2009, tim tersebut ingin mendasarkan Grand Theft Auto V sekitar tiga protagonis yang dikendalikan secara bersamaan. [11] Tim menganggapnya sebagai penerus spiritual dari banyak game mereka sebelumnya (seperti Grand Theft Auto IV , Red Dead Redemption dan Max Payne 3 ), dan merancangnya untuk memperbaiki mekanika gameplay mereka. [19] [45] Mereka berusaha memperbaiki gameplay tindakan dengan memperbaiki mekanika pemotretan dan sistem penutup, [46] dan mengolah kembali mekanika penggerak untuk memperbaiki kontrol kendaraan yang sulit dideteksi Grand Theft Auto IV . [47]
Setelah proses audisi, Ned Luke , Shawn Fonteno dan Steven Ogg dipilih untuk menggambarkan Michael, Franklin dan Trevor. [48] Pertunjukan mereka sebagian besar direkam dengan menggunakan teknologi motion capture , [49] namun dialog untuk adegan dengan karakter yang duduk di kendaraan tercatat di studio. [50] Permainan ini adalah seri pertama yang menampilkan skor asli , yang disusun oleh tim produsen yang berkolaborasi satu sama lain selama beberapa tahun. [51] Musik berlisensi yang disediakan oleh radio dalam game juga digunakan. [52] Tim berlisensi lebih dari 241 lagu dibagi antara lima belas stasiun radio, dengan dua stasiun tambahan yang menyediakan radio bicara . [k] Beberapa lagu ditulis khusus untuk permainan, seperti rapper dan karya asli Flying Lotus yang disusun untuk stasiun radio FlyLo FM yang dia tempati. [54]
Permainan ini pertama kali diumumkan oleh Rockstar Games pada tanggal 25 Oktober 2011. [55] Mereka merilis trailer debutnya satu minggu kemudian, [56] dengan siaran pers resmi yang mengakui pengaturannya. [57] Wartawan mencatat bahwa pengumuman itu memicu antisipasi yang meluas dalam industri game, yang mereka berutang pada pentingnya budaya serial ini. [58] [59] [60] Permainan ini melewatkan tanggal rilis Q2 2013 yang diproyeksikan semula, mendorong kembali ke 17 September untuk memungkinkan pemolesan lebih lanjut. [61] Untuk memacu penjualan game pre-order , Rockstar berkolaborasi dengan beberapa gerai ritel untuk membuat edisi spesial dengan fitur ekstra dalam game. [62] Mereka menjalankan strategi pemasaran viral dengan sebuah situs web untuk sebuah pemujaan religius fiktif, "The Epsilon Program", yang menawarkan pengguna kesempatan untuk tampil dalam permainan sebagai anggota pemujaan. [63]
Perbandingan versi game PlayStation 4 (kiri) dan PlayStation 3 (kanan).
Fitur pelepasan ulang yang disempurnakan lebih banyak menarik jarak dan
tekstur dengan resolusi lebih tinggi daripada versi aslinya.
Penerimaan
Peluncuran pertama
Penerimaan | ||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
|
CN Bak Jeff Bakalar merasa bahwa game tersebut mendorong pemain untuk terlibat dengan ketiga karakter tersebut. [93] Ujung menemukan bahwa pemain switching sangat membantu untuk menghindari waktu perjalanan yang panjang ke titik awal misi. [84] Karena mekanik switching, Informator Game Matt Bertz mencatat bahwa pemain dijaga "di tengah aksi" saat baku tembak. [74] Tomcat Bramwell dari Eurogamer menulis bahwa perpindahan menambahkan elemen taktis ke baku tembak karena karakter yang dibuat di pos terdepan strategis akan menyebabkan lebih sedikit "lokasi pengambilan gambar galeri" daripada cicilan sebelumnya. [73] MacDonald IGN merasa bahwa fitur switching memberi pemain lebih banyak pilihan dalam pendekatan mereka dan membuat misi kurang dapat diprediksi. [78]
Bom Raksasa Jeff Gerstmann menganggap misi penyembuh merupakan penyimpangan penyambutan dari rangkaian struktur misi yang khas. [85] Eurogamer 's Bramwell menyamakan mereka untuk "blockbuster set-pieces" [73] dan GameSpot 's Carolyn Petit mengutip film 1995 Heat sebagai pengaruh gaya pada desain mereka. [76] Joystiq Xav de Matos merasa kreativitas dan pendekatan metodis didorong. [79] Polygon 's Chris Plante mengibaratkan perpindahan karakter yang cepat selama misi heist ke "editing film, dengan pemain yang berperan sebagai editor, beralih dengan cepat ke perspektif yang paling menarik untuk beberapa saat". [86] Komputer dan Video Game 'Andy Kelly merasa bahwa keseluruhan desain misi lebih beragam daripada dan tidak memiliki tugas pendamping pendahulunya. [87]
Los Santos, kota tampil di dunia terbuka permainan. Reviewer memuji disain dan kesamaannya dengan Los Angeles. Keberangkatan dari Grand Theft Auto IV Liberty City juga diterima dengan baik.
Jimrane milik Destructoid menyebut desain suaranya "tanpa cela" dan memuji penampilan para aktor, soundtrack asli dan penggunaan musik berlisensi. [16] IGN dan Giant Bomb memuji seleksi musik dan merasa bahwa skor asli meningkatkan ketegangan dramatis selama misi berlangsung. [78] [85] GameSpot's Petit menulis bahwa skor "meminjamkan misi lebih banyak rasa sinematik". [76] Edge mengatakan bahwa musik berlisensi meningkatkan "ruang rasa yang sudah luar biasa" kota dan bahwa skor asli meningkatkan atmosfir gameplay. Mereka merangkum permainan sebagai "ringkasan dari semua yang Rockstar pelajari tentang kekuatan musik game dalam dekade terakhir". [95]
Banyak pengulas menemukan kendaraan berbasis lahan lebih responsif dan lebih mudah dikendalikan daripada pada game sebelumnya. Informer Game Bertber menjelaskan bahwa "mobil memiliki bobot yang tepat, sambil mempertahankan kelincahan yang diperlukan untuk menavigasi melalui lalu lintas dengan kecepatan tinggi". [90] [76] [80] [88] [89] [74] Selain penanganan kendaraan, kebanyakan pengulas mencatat bahwa mekanika pemotretan lebih ketat daripada sebelumnya, [74] [76] [78] namun Destructoid's Sterling merasa bahwa meskipun ada perbaikan, tujuan otomatis adalah "twitchy and unreliable" dan cover mechanics "masih lepas landas seiring tanggal dan berat". [16] Beberapa pengulas merasa bahwa permainan memecahkan masalah terus-menerus dengan menambahkan pos pemeriksaan mid-mission. [73] [78] [91]
Cerita dan karakter-terutama peninjau Trevor-terpolarisasi. Beberapa merasa bahwa narasi itu tidak ditulis dengan baik seperti game Rockstar sebelumnya dan mengutip kekuatan plot Grand Theft Auto IV dan Red Dead Redemption . [73] [74] [79] [89] Yang lain merasa bahwa kepribadian tokoh protagonis yang kontras memberi narasi yang semakin ketat. [16] [84] [78] [86] GameRadar Hollander Cooper menganggap permainan tersebut meniadakan ketidakkonsistenan dalam kisah entri sebelumnya, yang protagonis utamanya memiliki moralitas yang kacau. [77] Petit GameSpot menganggap Trevor khususnya "manusia psikotik yang benar-benar mengerikan, mengerikan, dan hebat". [76] Eurogamer 's Bramwell menemukan Trevor "dangkal dan tidak meyakinkan", dan merasa bahwa eksentrisitasnya menyakiti narasi dan membayangi perkembangan karakter Michael dan Franklin. [73] Joystiq's de Matos menyalahkan ketidakmampuan protagonis karena ketidakmampuannya, dan menemukan ambivalensi antara Michael dan Trevor sebagai perangkat plot yang lelah karena konflik mereka tumbuh menjadi "siklus yang tampaknya tak berujung". [79] The Escapist 's Greg Tito mengalami kesulitan menghubungkan dengan emosi karakter 'karena mereka bertindak dari keserakahan tanpa rasa moralitas dan dengan demikian memberi pemain sedikit alasan untuk mendukung mereka. [81]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar